Para Malaikat Yang Disebut Di Al-Quran

Para Malaikat Yang Disebut Di Al-Quran - Hallo sahabat Downloadtan Bebas MP3, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Para Malaikat Yang Disebut Di Al-Quran, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Pengetahuan Islam, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Para Malaikat Yang Disebut Di Al-Quran
link : Para Malaikat Yang Disebut Di Al-Quran

Baca juga


Para Malaikat Yang Disebut Di Al-Quran

Para Malaikat Yang Disebut Namanya di Al Para Malaikat Yang Disebut di Al-Quran
Para Malaikat Yang Disebut Namanya di Al-Quran

shahidnur.blogspot.com– Allah Subhanahu Wa Ta’ala telah membuat banyak makhluk, termasuk malaikat. Malaikat yakni makhluk ghaib dan diciptakan dari cahaya menurut hadits yang shahih dari Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Malaikat diciptakan dari cahaya. Jin diciptakan dari nyala api. Adam diciptakan dari apa yang telah ada pada kalian.” (HR. Muslim no. 2996)

Malaikat yakni sosok yang diciptakan Allah dengan aneka macam kiprah dan masing-masing mereka mempunyai nama berbeda-beda. Wajib bagi kita mengimani malaikat itu ada, nama-namanya yang disebutkan Al-Quran dan Hadits, dan mengimani pula tugas-tugasnya.

Rasul telah beriman kepada Al-Quran yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (Mereka mengatakan): "Kami tidak membeda-bedakan antara seseorangpun (dengan yang lain) dari rasul-rasul-Nya", dan mereka mengatakan: "Kami dengar dan kami taat." (Mereka berdoa): "Ampunilah kami ya Tuhan kami dan kepada Engkaulah daerah kembali." (Q.S. Al-Baqarah : 285)


Pada goresan pena kali ini penulis mengajak kepada para pembaca untuk mengetahui malaikat mana saja yang namanya disebut namanya di Al-Quran, sebagai pelengkap khazanah pengetahuan dan keimanan kita kepada Allah Ta’ala.

1. Jibril ‘alaihissalam

Jibril yakni pemimpinnya para malaikat, dialah malaikat yang memberikan wahyu kepada para utusan Allah Jalla Jalaluh. Penyebutan namanya disebutkan beberapa kali di Al-Quran.

Katakanlah: "Barang siapa yang menjadi musuh Jibril, maka Jibril itu telah menurunkannya (Al-Quran) ke dalam hatimu dengan seizin Allah; membenarkan apa (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjadi petunjuk serta gosip bangga bagi orang-orang yang beriman. (Q.S. Al-Baqarah : 97)

Jibril juga disebut dengan “Ruh Al-Amin”, “Ruhul Qudus” dan terkadang juga dengan sebutan “Ar-Ruh”.

2. Mikail ‘alaihissalam

Mikail disebutkan Allah Ta’ala di Al-Quran berbarengan dengan penyebutan Jibril ‘alaihissalam.

Barang siapa yang menjadi musuh Allah, malaikat-malaikat-Nya, rasul-rasul-Nya, Jibril dan Mikail, maka tolong-menolong Allah yakni musuh orang-orang kafir. (Q.S. Al-Baqarah : 98)

3. Malik ‘alaihissalam

Malaikat Malik yakni malaikat yang bertugas menjaga neraka. Allah Ta’ala berfirman tentangnya,

Mereka berseru: "Hai Malik biarlah Tuhanmu membunuh kami saja." Dia menjawab: "Kamu akan tetap tinggal (di neraka ini)." (Q.S. Az-Zukhruf : 77)

4. Zabaniyah

Zabaniyah yakni malaikat penyiksa di neraka Jahannam. Allah Ta’ala berfirman tentangnya,

Kelak Kami akan memanggil malaikat Zabaniyah, (Q.S. Al-‘Alaq : 18)

5. Harut dan Marut ‘alaihimassalam

Kedua malaikat ini diturunkan di negeri Babil (Babilonia). Allah Ta’ala berfirman wacana keduanya,

Dan mereka mengikuti apa yang dibaca oleh syaitan-syaitan pada masa kerajaan Sulaiman (dan mereka menyampaikan bahwa Sulaiman itu mengerjakan sihir), padahal Sulaiman tidak kafir (tidak mengerjakan sihir), hanya syaitan-syaitan lah yang kafir (mengerjakan sihir). Mereka mengajarkan sihir kepada insan dan apa yang diturunkan kepada dua orang malaikat di negeri Babil yaitu Harut dan Marut, sedang keduanya tidak mengajarkan (sesuatu) kepada seorangpun sebelum mengatakan: "Sesungguhnya kami hanya cobaan (bagimu), alasannya yakni itu janganlah kau kafir". Maka mereka mempelajari dari kedua malaikat itu apa yang dengan sihir itu, mereka sanggup menceraikan antara seorang (suami) dengan isterinya. Dan mereka itu (ahli sihir) tidak memberi mudharat dengan sihirnya kepada seorangpun, kecuali dengan izin Allah. Dan mereka mempelajari sesuatu yang tidak memberi mudharat kepadanya dan tidak memberi manfaat. Demi, tolong-menolong mereka telah meyakini bahwa barangsiapa yang menukarnya (kitab Allah) dengan sihir itu, tiadalah baginya laba di akhirat, dan amat jahatlah perbuatan mereka menjual dirinya dengan sihir, jikalau mereka mengetahui. (Q.S. Al-Baqarah : 102)


Adapun malaikat di dalam Al-Quran banyak sekali dijelaskan, namun tidak disertai penyebutan nama, kebanyakan disebutkan tugasnya menyerupai beberapa malaikat berikut.

1. Malaikat Pemikul ‘Arsy Allah

(Malaikat-malaikat) yang memikul 'Arsy dan malaikat yang berada di sekelilingnya bertasbih memuji Tuhannya dan mereka beriman kepada-Nya serta memintakan ampun bagi orang-orang yang beriman (seraya mengucapkan): "Ya Tuhan kami, rahmat dan ilmu Engkau mencakup segala sesuatu, maka berilah ampunan kepada orang-orang yang bertaubat dan mengikuti jalan Engkau dan peliharalah mereka dari siksaan neraka yang menyala-nyala, (Q.S. Al-Mu’min : 7)

2. Malaikat Maut

Katakanlah: "Malaikat selesai hidup yang diserahi untuk (mencabut nyawa)mu akan mematikanmu, kemudian hanya kepada Tuhanmulah kau akan dikembalikan." (Q.S. As-Sajdah : 11)

Jadi malaikat yang mencabut nyawa itu bukanlah Izrail menyerupai yang sering kita dengar. Tidak ada dalil baik Al-Quran maupun Hadits Shahih yang menyebutkan bahwa ada malaikat berjulukan Izrail. Disebutkan bahwa nama “Izrail” berasal dari kisah Israilliyat. Al-Ustadz Abu Yahya Badrussalam, Lc (lulusan hadits S1 dari Universitas Islam Madinah) menyebutkan bahwa itu hanyalah dongeng, tidak ada dalil shahihnya.

3. Malaikat Peniup Sangkakala

Dan ditiuplah sangkakala, maka matilah siapa yang di langit dan di bumi kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sangkakala itu sekali lagi maka tiba-tiba mereka berdiri menunggu (putusannya masing-masing). (Q.S. Az-Zumar : 68)

Tidak ada dalil shahih yang menyebutkan bahwa Israfil yakni malaikat yang meniup sangkakala, baik itu dari Al-Quran maupun Sunnah. Namun ada ijma’ di kalangan ulama terdahulu hingga kini bahwa Israfil yakni malaikat yang meniup sangkakala. Maka sanggup dikatakan malaikat yang meniup sangkakala ini yakni Malaikat Israfil ‘alaihissalam, lantaran ijma’ para ‘ulama sanggup dijadikan landasan dalam aqidah. Para ‘ulama macam Syaikh Shalih Al-Fauzan dan Syaikh Shalih Al-‘Utsaimin menyebutkan di dalam karangan mereka bahwa Israfil yakni malaikat yang meniup sangkakala.

4. Malaikat Penjaga

Sebenarnya masing-masing insan mempunyai 4 malaikat, kanan kiri dan depan belakang. Di kanan dan kiri yakni malaikat yang bertugas mencatat amal manusia, yang kanan mencatat amal baik dan yang kiri mencatat amal buruk. Sedangkan dua malaikat lainnya yakni di depan dan di belakang, inilah malaikat penjaga yang disebutkan Allah Ta’ala dalam firman-Nya,

Bagi insan ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak merobah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merobah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, maka tak ada yang sanggup menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia. (Q.S. Ar-Ra’d : 11)

Lalu bagaimana dengan Malaikat Raqib dan ‘Atid ataupun Malaikat Kiraman Katibin? Sebenarnya Raqib, ‘Atid, dan Kiraman Katibin yakni kiprah dari malaikat, yakni malaikat pencatat. Hal itu sebagaimana yang difirmankan Allah,

Tiada suatu ucapanpun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir (raqibun ‘atid). (Q.S. Qaaf : 18)

Pada ayat lainnya,

Padahal tolong-menolong bagi kau ada (malaikat-malaikat) yang mengawasi (pekerjaanmu), yang mulia (di sisi Allah) dan mencatat (pekerjaan-pekerjaanmu itu)/(kiraman katibin). (Q.S. Al-Infithaar : 10-11)

Jadi baik itu Raqib, ‘Atid, Kiraman Katibin yakni kiprah dari malaikat pencatat, bukanlah nama malaikat. Adapun malaikat lainnya yakni Munkar dan Nakir, kedua malaikat ini disebutkan dalam hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata : Telah bersabda Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam :"Jika salah seorang dari kalian dikuburkan, maka akan tiba kepadanya dua malaikat yang hitam dan kedua mata mereka biru. Salah satunya berjulukan Munkar dan yang lainnya berjulukan Nakiir. Keduanya bertanya : 'Apakah pendapatmu mengenai lelaki ini ?'. Lalu beliau menjawab sebagaimana yang pernah dikatakan dahulu : 'Dia yakni hamba Allah dan Rasul-Nya. Aku bersaksi bahwa tidak ada dewa yang hak selain Allah dan Muhammad yakni hamba-Nya dan Rasul-Nya'. Keduanya berkata : 'Kami sudah mengetahui bahwa kau akan mengucapkan demikian'. Kemudian kuburnya dilapangkan seluas tujuh puluh hasta dikali tujuh puluh hasta. Lalu diterangi dan dikatakan kepadanya : 'Tidurlah'. Dia berkata : 'Biarkanlah saya kembali kepada keluargaku untuk mengabarkan kepada mereka'. Keduanya berkata : 'Tidurlah menyerupai pengantin yang tidak dibangunkan kecuali oleh orang yang paling beliau cintai'. Hingga Allah membangkitkannya dari daerah tidurnya. Adapun seorang munafik berkata : 'Aku hanya mendengar orang-orang mengatakanya kemudian saya ikut mengatakannya. Aku tidak tahu’. Keduanya berkata : 'Kami sudah tahu menyampaikan demikian’. Lalu dikatakan kepada bumi : 'Himpitlah beliau !'. Lantas bumi menghimpitnya hingga persendiannya hancur. Dan beliau terus diadzab di dalamnya hingga Allah membangkitkan dari daerah tidurnya" (HR. Tirmidzi no. 1071, dihasankan oleh Syaikh Al-Albani)

Sedangkan malaikat Ridwan masih diperselisihkan di kalangan ‘ulama.

Itulah pembahasan sedikit kita mengenai para malaikat Allah Tabaraka Wa Ta’ala. Wallahu a’lam bishshowab.


Semoga bermanfaat.

Diselesaikan pada 10 Syawwal 1438 Hijriyah/4 Juli 2017.


Demikianlah Artikel Para Malaikat Yang Disebut Di Al-Quran

Sekianlah artikel Para Malaikat Yang Disebut Di Al-Quran kali ini, Semoga bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Para Malaikat Yang Disebut Di Al-Quran dengan alamat link https://downloadlagu-new.blogspot.com/2015/07/para-malaikat-yang-disebut-di-al-quran.html

0 Response to "Para Malaikat Yang Disebut Di Al-Quran"

Posting Komentar