26 Ayat Wacana Sains Di Al-Quran

26 Ayat Wacana Sains Di Al-Quran - Hallo sahabat Downloadtan Bebas MP3, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 26 Ayat Wacana Sains Di Al-Quran, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Ayat Tentang, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 26 Ayat Wacana Sains Di Al-Quran
link : 26 Ayat Wacana Sains Di Al-Quran

Baca juga


26 Ayat Wacana Sains Di Al-Quran

 Sains yakni salah satu di antara tanda 26 Ayat Tentang Sains di Al-Quran
26 Ayat Tentang Sains di Al-Quran

shahidnur.blogspot.com- Siapa yang tidak tahu apa itu sains? Tentu saja semua orang tahu. Sains berkaitan perihal ilmu alam, termasuk di dalamnya fisika, biologi, kimia, astronomi dan geografi. Sains yakni salah satu di antara gejala kekuasaan Allah Ta’ala di muka bumi. Maka dari itu sering-seringlah kita memperhatikan ciptaan Allah, merenungi ciptaan-Nya dan mensyukuri pemberian-Nya.

Allah Ta’ala berfirman,

Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat gejala bagi orang-orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan perihal penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau membuat ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka. (Q.S. Ali ‘Imran : 190-191)


Pada goresan pena kali ini kita akan membahas mengenai ayat-ayat Al-Quran yang berkaitan dengan sains. Simak selengkapnya di bawah ini.

1
Dan sesungguhnya Kami telah membuat insan dari suatu saripati (berasal) dari tanah. Kemudian Kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim). Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, kemudian segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, kemudian tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian Kami jadikan beliau makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha sucilah Allah, Pencipta Yang Paling Baik. (Q.S. Al-Mu’minuun : 12-14)

2
Apakah kau tidak memperhatikan (penciptaan) Tuhanmu, bagaimana Dia memanjangkan (dan memendekkan) bayang-bayang dan jika Dia menghendaki pasti Dia menjadikan tetap bayang-bayang itu, kemudian Kami jadikan matahari sebagai petunjuk atas bayang-bayang itu, kemudian Kami menarik bayang-bayang itu kepada kami dengan tarikan yang perlahan-lahan. (Q.S. Al-Furqaan : 45-46)

3
Demi matahari dan cahayanya di pagi hari, dan bulan apabila mengiringinya, (Q.S. Asy-Syams : 1-2)

4
Dan orang-orang kafir amal-amal mereka yakni laksana fatamorgana di tanah yang datar, yang disangka air oleh orang-orang yang dahaga, tetapi bila didatanginya air itu beliau tidak mendapatinya sesuatu apapun. Dan didapatinya (ketetapan) Allah disisinya, kemudian Allah memperlihatkan kepadanya perhitungan amal-amal dengan cukup dan Allah yakni sangat cepat perhitungan-Nya. (Q.S. An-Nuur : 39)

5
Allah (Pemberi) cahaya (kepada) langit dan bumi. Perumpamaan cahaya Allah, yakni menyerupai sebuah lubang yang tak tembus, yang di dalamnya ada pelita besar. Pelita itu di dalam beling (dan) beling itu seperti bintang (yang bercahaya) menyerupai mutiara, yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang berkahnya, (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur (sesuatu) dan tidak pula di sebelah barat(nya), yang minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api. Cahaya di atas cahaya (berlapis-lapis), Allah membimbing kepada cahaya-Nya siapa yang beliau kehendaki, dan Allah memperbuat perumpamaan-perumpamaan bagi manusia, dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu. (Q.S. An-Nuur : 35)

6
Dan Kami telah meniupkan angin untuk mengawinkan (tumbuh-tumbuhan) dan Kami turunkan hujan dari langit, kemudian Kami beri minum kau dengan air itu, dan sekali-kali bukanlah kau yang menyimpannya. (Q.S. Al-Hijr : 22)

7
Allah-lah Yang meninggikan langit tanpa tiang (sebagaimana) yang kau lihat, kemudian Dia bersemayam di atas 'Arasy, dan menundukkan matahari dan bulan. Masing-masing beredar sampai waktu yang ditentukan. Allah mengatur urusan (makhluk-Nya), menjelaskan gejala (kebesaran-Nya), supaya kau meyakini pertemuan (mu) dengan Tuhanmu. (Q.S. Ar-Ra’d : 2)

8
Tidaklah kau melihat bahwa Allah mengarak awan, kemudian mengumpulkan antara (bagian-bagian)nya, kemudian menjadikannya bertindih-tindih, maka kelihatanlah olehmu hujan keluar dari celah-celahnya dan Allah (juga) menurunkan (butiran-butiran) es dari langit, (yaitu) dari (gumpalan-gumpalan awan seperti) gunung-gunung, maka ditimpakan-Nya (butiran-butiran) es itu kepada siapa yang dikehendaki-Nya dan dipalingkan-Nya dari siapa yang dikehendaki-Nya. Kilauan kilat awan itu hampir-hampir menghilangkan penglihatan. (Q.S. An-Nuur : 43)

9
Dan Dialah yang telah membuat malam dan siang, matahari dan bulan. Masing-masing dari keduanya itu beredar di dalam garis edarnya. (Q.S. Al-Anbiyaa’ : 33)

10
Dan Dialah yang menurunkan air hujan dari langit, kemudian Kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tumbuhan yang menghijau. Kami keluarkan dari tumbuhan yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang korma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (Kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. Perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah dan (perhatikan pulalah) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada gejala (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman. (Q.S. Al-An’aam : 99)

11
Dan di bumi ini terdapat bagian-bagian yang berdampingan, dan kebun-kebun anggur, tanaman-tanaman dan pohon korma yang bercabang dan yang tidak bercabang, disirami dengan air yang sama. Kami melebihkan sebahagian tanam-tanaman itu atas sebahagian yang lain perihal rasanya. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat gejala (kebesaran Allah) bagi kaum yang berfikir. (Q.S. Ar-Ra’d : 4)

12
Dan Dialah yang meniupkan angin sebagai pembawa gosip besar hati sebelum kedatangan rahmat-Nya (hujan); sampai apabila angin itu telah membawa awan mendung, Kami halau ke suatu kawasan yang tandus, kemudian Kami turunkan hujan di kawasan itu, maka Kami keluarkan dengan alasannya yakni hujan itu pelbagai macam buah-buahan. Seperti itulah Kami membangkitkan orang-orang yang telah mati, mudah-mudahan kau mengambil pelajaran. (Q.S. Al-A’raaf : 57)

13
Dan Dialah yang menjadikan kebun-kebun yang berjunjung dan yang tidak berjunjung, pohon korma, tanam-tanaman yang majemuk buahnya, zaitun dan delima yang serupa (bentuk dan warnanya) dan tidak sama (rasanya). Makanlah dari buahnya (yang majemuk itu) bila beliau berbuah, dan tunaikanlah haknya di hari memetik kesannya (dengan disedekahkan kepada fakir miskin); dan janganlah kau berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan. (Q.S. Al-An’aam : 141)


14
Dan tanah yang baik, tanaman-tanamannya tumbuh subur dengan seizin Allah; dan tanah yang tidak subur, tanaman-tanamannya hanya tumbuh merana. Demikianlah Kami mengulangi gejala kebesaran (Kami) bagi orang-orang yang bersyukur. (Q.S. Al-A’raaf : 58)

15
Apakah kau tidak memperhatikan, bahwa sesungguhnya Allah menurunkan air dari langit, maka diaturnya menjadi sumber-sumber air di bumi kemudian ditumbuhkan-Nya dengan air itu tanam-tanaman yang majemuk warnanya, kemudian menjadi kering kemudian kau melihatnya kekuning-kuningan, kemudian dijadikan-Nya hancur berderai-derai. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat pelajaran bagi orang-orang yang memiliki akal. (Q.S. Az-Zumar : 21)

16
Allah telah menurunkan air (hujan) dari langit, maka mengalirlah air di lembah-lembah berdasarkan ukurannya, maka arus itu membawa buih yang mengambang. Dan dari apa (logam) yang mereka lebur dalam api untuk membuat embel-embel atau alat-alat, ada (pula) buihnya menyerupai buih arus itu. Demikianlah Allah membuat perumpamaan (bagi) yang benar dan yang bathil. Adapun buih itu, akan hilang sebagai sesuatu yang tak ada harganya; adapun yang memberi manfaat kepada manusia, maka ia tetap di bumi. Demikianlah Allah membuat perumpamaan-perumpamaan. (Q.S. Ar-Ra’d : 17)

17
Dia menumbuhkan bagi kau dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, korma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan. (Q.S. An-Nahl : 11)

18
kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang majemuk warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan. (Q.S. An-Nahl : 69)

19
Dan sesungguhnya pada binatang ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum dari pada apa yang berada dalam perutnya (berupa) susu yang higienis antara tahi dan darah, yang gampang ditelan bagi orang-orang yang meminumnya. (Q.S. An-Nahl : 66)

20
Atau siapakah yang telah menjadikan bumi sebagai tempat berdiam, dan yang menjadikan sungai-sungai di celah-celahnya, dan yang menjadikan gunung-gunung untuk (mengkokohkan)nya dan menjadikan suatu pemisah antara dua laut? Apakah disamping Allah ada ilahi (yang lain)? Bahkan (sebenarnya) kebanyakan dari mereka tidak mengetahui. (Q.S. An-Naml : 61)

21
Dia membiarkan dua lautan mengalir yang keduanya kemudian bertemu, antara keduanya ada batas yang tidak dilampaui masing-masing. (Q.S. Ar-Rahmaan : 19-20)

22
Dan tiada sama (antara) dua laut; yang ini tawar, segar, sedap diminum dan yang lain asin lagi pahit. Dan dari masing-masing bahari itu kau sanggup memakan daging yang segar dan kau sanggup mengeluarkan embel-embel yang sanggup kau memakainya, dan pada masing-masingnya kau lihat kapal-kapal berlayar membelah bahari supaya kau sanggup mencari karunia-Nya dan supaya kau bersyukur. (Q.S. Faathir : 12)

23
Dia-lah Tuhan yang memperlihatkan kilat kepadamu untuk menjadikan ketakutan dan harapan, dan Dia mengadakan awan mendung. (Q.S. Ar-Ra’d : 12)

24
Dan Allah telah membuat semua jenis binatang dari air, maka sebagian dari binatang itu ada yang berjalan di atas perutnya dan sebagian berjalan dengan dua kaki sedang sebagian (yang lain) berjalan dengan empat kaki. Allah membuat apa yang dikehendaki-Nya, sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. (Q.S. An-Nuur : 45)

25
Dan Dialah yang membiarkan dua bahari yang mengalir (berdampingan); yang ini tawar lagi segar dan yang lain asin lagi pahit; dan Dia jadikan antara keduanya dinding dan batas yang menghalangi. (Q.S. Al-Furqaan : 53)

26
Sesungguhnya Kami telah mengutus rasul-rasul Kami dengan membawa bukti-bukti yang aktual dan telah Kami turunkan bersama mereka Al Kitab dan neraca (keadilan) supaya insan sanggup melakukan keadilan. Dan Kami ciptakan besi yang padanya terdapat kekuatan yang andal dan aneka macam manfaat bagi manusia, (supaya mereka mempergunakan besi itu) dan supaya Allah mengetahui siapa yang menolong (agama)Nya dan rasul-rasul-Nya padahal Allah tidak dilihatnya. Sesungguhnya Allah Maha Kuat lagi Maha Perkasa.

27
Dan apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bantu-membantu langit dan bumi itu keduanya dahulu yakni suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman? (Q.S. Al-Anbiyaa’ : 30)

Itulah ayat-ayat Al-Quran yang membicarakan sains. Semoga ayat-ayat di atas menjadi renungan bagi kita bahwa Al-Quran memang terbukti benar dan tidak ada keraguan sedikitpun di dalamnya. Agar orang kafir merenunginya sehingga menerima petunjuk dan biar orang beriman bertambah keimanannya.

Kami akan memperlihatkan kepada mereka gejala (kekuasaan) Kami di segala wilayah bumi dan pada diri mereka sendiri, sampai terang bagi mereka bahwa Al-Quran itu yakni benar. Tiadakah cukup bahwa sesungguhnya Tuhanmu menjadi saksi atas segala sesuatu? (Q.S. Fushshilat : 53)


Semoga bermanfaat.

Diselesaikan pada 13 Shafar 1439 Hijriyah/2 November 2017 Masehi.


Demikianlah Artikel 26 Ayat Wacana Sains Di Al-Quran

Sekianlah artikel 26 Ayat Wacana Sains Di Al-Quran kali ini, Semoga bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel 26 Ayat Wacana Sains Di Al-Quran dengan alamat link https://downloadlagu-new.blogspot.com/2015/07/26-ayat-wacana-sains-di-al-quran.html

0 Response to "26 Ayat Wacana Sains Di Al-Quran"

Posting Komentar